Menulis Artikel

Posted: Agustus 3, 2010 in Menulis

Artikel adalah karya tulis yang dimuat pada majalah atau surat kabar yang membahas suatu masalah dan disajikan dalam bahasa yang populer. Memilih artikel untuk dibaca tidak asal-asalan, harus dicari yang berisi gagasan dan fakta. Definisi lain tentang artikel adalah tulisan yang memuat opini dan tidak dibatasi oleh rincian faktual-peristiwa yang harus diangkat. Artikel ilmiah populer adalah karya tulis yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan menggunakan bahasa umum sehingga mudah dipahami oleh masyarakat awam. (Kamus Bahasa Indonesia, 1999)

Dari definisi tersebut dapat diuraikan sifat-sifat artikel sebagai berikut:
a. Faktual, artikel adalah tulisan nonfiksi atau berdasarkan fakta dan data. Tema atau masalah yang dibahas benar-benar ada atau terjadi, bukan khayalan.
b. Berisi gagasan dan fakta, artikel berisikan pendapat yang dilengkapi fakta peristiwa atau masalah.
c. Meyakinkan, sebuah artikel dapat menjadi sarana (dalam bentuk tulisan) guna meyakinkan orang lain (pembaca) akan pentingnya suatu masalah dipikirkan atau disikapi. Dengan kata lain, sebuah artikel bisa menjadi agenda setter dan membentuk opini publik.
d. Mendidik, artikel umumnya mendidik dan mengajarkan sesuatu agar pembaca melakukan atau tidak melakukan sesuatu.
e. Memecahkan masalah, artikel membahas suatu masalah yang disertai alternatif pemecahannya (solusi)
f. Menghibur, sebuah artikel bisa pula menghibur pembacanya dengan mengangkat tema yang ringan dan lucu. (Romli, 2000: 80)

Hal-hal yang perlu dilakukan sebelum menulis sebuah artikel adalah:
1. Memilih atau menentukan salah satu tema yang akan di tulis menjadi artikel.
2. Mendaftar hal-hal yang akan diungkapkan atau ditulis dalam artikel.
3. Menentukan gagasan yang akan di tulis dalam artikel.
4. Mendaftar sumber informasi, misalnya buku, informan, atau dokumen lain.
5. Mengembangkan menjadi artikel. (Suwandi, 2005: 171)
Artikel menjadi tamu masyarakat yang datang membawa pesan. Pesannya bermacam ragam. Akan tetapi, pada lazimnya, pesan itu hendak menguntungkan, bukan merugikan masyarakat. Pesan itu diolah seseorang yang menuliskan pikiran dan perasaannya dengan amat serius tertuju pada kepentingan masyarakat.

Setiap penulis profesional tahu bahwa isi tulisannya merupakan reaksi mereka terhadap suatu masalah, gambaran pengetahuan mereka terhadap perhatian atau minat pembaca. Berbagai macam artikel dapat kita temui di berbagai surat kabar, majalah, buku-buku penelitian dan sebagainya. Bila diterangkan lebih rinci, berbagai artikel itu bisa dibuat dengan cara: menarasikan gagasan, melalui pengakuan, memaparkan sosok, memberi petunjuk, menyingkapkan sesuatu (ekspos), menulis kolom (mengomentari berita, tentang olah raga, menghumori peristiwa, dsb), mengulas peristiwa. (Santana, 2007: 12).***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s